LINTAS NUSANTARA NEWS  

LINTAS NUSANTARA NEWS  

Menu

Adanya Kegiatan Proyek Pembangunan Saluran Irigasi Masyarakat Desa Jayabakti Apresiasi Atas Kinerja Kelompok Tani

Bekasi,Lintas Nusantara News 

Dengan Adanya Kegiatan Proyek Pembangunan Saluran Irigasi Masyarakat Desa Jaya Bakti Sangat Apresiasi Atas Kinerja Kelompok Petani

Program percepatan pengguna tata guna air irigasi (P3TGAI) ,Sumber Dana (APBN) TA.2022 Kementrian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Besar wilayah Sungai Citarum,yang di kerjakan Dengan Swakelola para kelompok Petani yang Berada di Wilayah Desa Jaya bakti kecamatan Cabang Bungin kabupaten Bekasi Jabar. Patut Di Berikan apresiasi. Oleh masyarakat sekitar.

Kegunaan pembangunan irigasi yang tak lain bertujuan untuk peningkatan hasil petani , untuk meningkatkan penghasilan yang melimpah. selain pemberian pupuk penggemuk untuk kesuburan tanaman , obat pembasmi hama ,tentunya juga harus di barengi dengan saluran irigasi yang baik dan bagus ,tanpa saluran air yang baik tentunya ,jangan harap petani akan mendapatkan penghasilan Panen Padi yang melimpah ,

Penyediaan air irigasi bagi tanaman padi menjadi salah satu kunci yang mendukung peningkatan produksi pangan. Terjaminnya penyediaan air irigasi bisa diupayakan melalui peran Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A).

P3A mengelola atau memelihara jaringan irigasi tersier dan mencari solusi secara lebih mandiri terhadap persoalan-persoalan menyangkut air irigasi yang muncul di tingkat usaha tani.

Dengan mengupayakan peran Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Penyediaan air irigasi bagi tanaman padi menjadi salah satu kunci yang mendukung peningkatan produksi pangan. Sesuai dengan permen nomor 30 tahun 2015 tentang Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Irigasi Perlu adanya peran pemerintah dan masyarakat dalam mengelola sistem irigasi.

Dengan adanya Pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi dan Pemberdayaan ini diharapkan agar kedepannya peserta P3A mendapatkan pertukaran pengalaman dan masukkan terkait pelaksanaan tugas dilapangan. Dan juga ini menjadi suatu bentuk atau bekal dalam kesuksesan pengelolaan irigasi secara maksimal dengan penuh rasa tanggung jawab.

Bahkan Masyarakatpun Sangat Senang Dengan Adanya Kegiatan Sosialisasi Dan Pengelolaan Irigasi Secara Maksimal,Baik Ituh Para Awak Media Dan Lembaga yang Ada di Kabupaten Bekasi Selaku Kontrol Social Sangat Suka Atas kredibilitas Kerja Kualitas dan Kuantitas Kinerja Kelompok Tani ,P3A Jayabakti pekerjaan Tersebut Sangat Memuaskan Salah Satunya Dapat Mendongkrak Image Kabupaten Bekasi Dan Pekerjaan Tersebut Sesuai Dengan Spek Dan RAB.

Di Lokasi Kegiatan Yang terpisah Silan Toan Silandak(ICANG) salah seorang ketua kelompok tani p3A

Jaya bakti berlian mengatakan Beliau Bersyukur dengan di bangun nya saluran irigasi ini yang memang sangat di butuhkan oleh masyarakat Sekitar Yang Mayoritas Pekerjaan Masyarakat Sekitar Bekerja Sebagai Petani Yang Berada Di Wilayah Kabupaten Bekasi.


Dalam kegiatan ini saya selaku ketua kelompok tani yang Mewakili Kelompok-Kelompok Tani Mengucapkan Banyak Terimakasih Atas Program Pemerintah pembangunan saluran irigasi Se'Kabupaten Bekasi,dalam menjalankan kegiatan ini saya berpedoman kepada RAB yang telah di tentukan , pekerjaan ini di kerjakan oleh kelompok tani itu sendiri memang Pekerjaan ini tidak boleh di pindah tangan kan kepada orang kedua ,dengan di kerjakan sendiri tentunya akan lebih bagus dan Lebih Epektif,dan sekaligus merawatnya sehingga pembangun ini bisa Bertahan Dengan jangka panjang Untuk Kedeapannya, "Ujar, Silan Toan Silandak (ICANG) Sebagai Ketua Kelompok Tani P3A Desa Jayabakti Kecamatan Cabang Bungin Kabupaten Bekasi.

(M.LUBIS)

*KELURAHAN BINTARA MEWAKILI KOTA BEKASI DI LOMBA KINERJA KELURAHAN TERBAIK TINGKAT PROVINSI*

Bekasi,Lintas Nusantara News 





KOTABEKASI - Kelurahan Bintara terpilih menjadi salah satu kelurahan yang mewakilkan Kota Bekasi dalam rangka Lomba Kinerja Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022. Penilaian ini bertempat langsung dibeberapa lokasi yang ada di wilayah Bintara, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, Plt Ketua TP PKK Wiwiek Hargono Tri Adhianto, para OPD, Camat Bekasi Barat beserta Lurah, Ketua Tim Penilai Provinsi Lisa, para tokoh masyarakat, LPM, BKM, Ketua RW, Karang Taruna mereka begitu antusias mendengarkan pemaparan expose penilaian kinerja yang dipaparkan langsung oleh Lurah Bintara Sudarsono.


Dalam sambutannya, Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan keberhasilan yang dicapai berkat sinergisitas dari semua unsur element, Pemerintah, TNI-Polri dan juga masyarakat.


"Bintara mewakili perlombaan Kinerja kelurahan tingkat Provinsi, hingga kini menduduki tiga besar tingkat provinsi, tentunya ini berkat sinergisitas tiga pilar, Pemerintah, TNI-Polri, Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat," ucap Tri Adhianto.



Dilokasi yang sama Lurah Bintara Sudarsono mengatakan, Kelurahan Bintara selalu bersinergi dan berkolaborasi melalui tiga pilar, yaitu TNI, Polri, dan para OPD untuk memberikan pelayanan-pelayanan terpadu kepada masyarakat, serta pembangunan maupun menciptakan rasa aman & nyaman. Di situasi pandemi seperti saat ini, Kelurahan Bintara berinovasi dengan menjalankan program “BINTARA BANGKIT“, yang berarti Bersinergi, Aman, Nyaman, Guyub, Komitmen, Inovatif, dan Toleran.


Lebih lanjutnya Ia mengatakan bahwa Inovasi program “BINTARA BANGKIT” ini merupakan program dibuat untuk mengatasi dampak ekonomi saat pandemi dengan cara memberikan bantuan makan, sembako, kesehatan hingga modal usaha serta pemberian alat bantu jalan berupa tongkat, hingga kursi roda kepada warga disabilitas yang membutuhkan agar bisa beraktivitas kembali.


Dalam situasi pandemi Bintara mampu memberikan kontribusi pembangunan infrastruktur secara swadaya tersebar di RW 02, RW 05, RW 04, RW 08, RW 011,RW 012, serta RW 016 dengan total nilai Rp 2.3 M,- ,” ujar Lurah Bintara ini.


Bahkan tambah Lurah Bintara Sudarsono menjelaskan swadaya dalam pembangunan 20 ( dua puluh ) rumah tidak layak huni bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat di wilayah RW 04, dalam menghadapi bencana terutama banjir Kalibong, Kelurahan Bintara membentuk tim banjir secara terintegerasi dengan Kelurahan Binjai dan Kota Baru, serta melakukan tilok tandon air di RW 010 untuk mengatasi banjir kali Cakung, prestasi lainnya Kelurahan Bintara saat ini juara ke 3 (tiga) Program P2WKSS tingkat Jawa Barat “, jelas Lurah Bintara Sudarsono.


wan/Ez

Penilaian Lomba Pos Satkamling Tingkat Polres 

Subang,Lintas Nusantara News 


SUBANG- Dalam rangkaian Peringatan hari jadi Bhayangkara ke-76 Polres Subang menggelar lomba Pos Satkamling tingkat Polres, Kapolres Subang bersama team lakukan penilaian Pos Satkamling Kujang Pusaka 01 Desa Cikujang Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang ( Wilkum Polsek Sagalaherang ). Malam tadi, Rabu 15 Juni 2022 sekitar pukul 22:00 WIB. 

Giat tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Subang, AKBP Sumarni, SIK.SH.MH., bersama Kasat Samapta Polres Subang, Kasi Propam Polres Subang, Kapolsek Sagalaherang, KBO Sat Binmas, Personel Polres Subang, beserta Personel Polsek Sagalaherang. 

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Subang memaparkan bentuk-bentuk penilaian dalam lomba Pos Satkamling tingkat Polres ini, diantaranya Penilaian Kelengkapan Pos Satkamling, Kebersihannya dan Inovasi.

Dari segi kebersihan Pos Satkamling Kujang Pusaka 01 Ds. Cikujang Kec. Serangpanjang Kab. Subang (Wilkum Polsek Sagalaherang) Sangat Baik.

Penilaian Administrasi, Kelengkapan sarana prasarana Pos Satkamling dan keaktifan Pelaksana Satkamling. 

Dari segi Administrasi dan kelengkapan Pos Satkamling Kujang Pusaka 01 Ds. Cikujang Kec. Serangpanjang Kab. Subang (Wilkum Polsek Sagalaherang) *Sangat Baik.* Sudah terdapat Ruang Tahanan Sementara, Ruang Istirahat, dan seluruh kelengkapan Administrasi sudah lengkap.

Inovasi Kegiatan warga desa di lingkungan Satkamling, diantaranya yaitu adanya Gapura Bambu Cantik di Perbatasan antara Ds. Cijengkol dengan Ds. Cikujang, Adanya makanan ringan hasil dari UMKM Ds. Cikujang yaitu macam-macam olahan keripik, Kopi Mugiri, dan Tas Mugiri, Adanya Patungan secara ikhlas (Perelek) disetiap patroli malam dari Warga masyarakat sekitar Ds. Cikujang, dan dana hasil dari patungan tersebut dipakai untuk kebutuhan Pos satkamling, keperluan patroli, kebersihan lingkungan, dan lain lain. 

Dalam kesempatan ini Kapolres memberikan arahan agar Satkamling aktif sehingga mampu menciptakan kamtibmas yang kondusif di wilayahnya, utamakan Kebersihan Pos, lengkapi segera Kelengkapan yg belum ada dan aktifkan kegiatannya. 

Pos Satkamling tidak hanya mengurus masalah keamanan saja namun juga mampu memupuk rasa kegotongroyongan, persaudaraan dan persatuan masyarakat. 

Saya terkesan dengan Inovasi produk unggulannya berupa UMKM sebagai kearifan lokal yang bisa menjadi penguat ketahanan ekonomi bagi masyarakat setempat atau kreatifitas lainnya yang bisa menjadi nilai lebih di lingkungan Pos Satkamling berada.

Diingatkan kepada Ketua Pos Satkamling dan Masyarakat yang bertugas di Pos, jika ada pengendara R2 yang menggunakan knalpot Racing agar diingatkan untuk segera di ganti ke knalpot standar, bantu jaga kamtibmas diwilayahnya masing-masing, jika ada kejadian di kewilayahan agar ditampung dan dikoordinasikan dengan Polsek terdekat atau menghubungi layanan 110.

Aktifkan juga PPKM di wilayahnya karena pandemi covid masih belum selesai dan selalu terapkan prokes.

(D.S)