LINTAS NUSANTARA NEWS  

LINTAS NUSANTARA NEWS  

Menu

*KELURAHAN BINTARA MEWAKILI KOTA BEKASI DI LOMBA KINERJA KELURAHAN TERBAIK TINGKAT PROVINSI*

Bekasi,Lintas Nusantara News 





KOTABEKASI - Kelurahan Bintara terpilih menjadi salah satu kelurahan yang mewakilkan Kota Bekasi dalam rangka Lomba Kinerja Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022. Penilaian ini bertempat langsung dibeberapa lokasi yang ada di wilayah Bintara, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, Plt Ketua TP PKK Wiwiek Hargono Tri Adhianto, para OPD, Camat Bekasi Barat beserta Lurah, Ketua Tim Penilai Provinsi Lisa, para tokoh masyarakat, LPM, BKM, Ketua RW, Karang Taruna mereka begitu antusias mendengarkan pemaparan expose penilaian kinerja yang dipaparkan langsung oleh Lurah Bintara Sudarsono.


Dalam sambutannya, Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan keberhasilan yang dicapai berkat sinergisitas dari semua unsur element, Pemerintah, TNI-Polri dan juga masyarakat.


"Bintara mewakili perlombaan Kinerja kelurahan tingkat Provinsi, hingga kini menduduki tiga besar tingkat provinsi, tentunya ini berkat sinergisitas tiga pilar, Pemerintah, TNI-Polri, Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat," ucap Tri Adhianto.



Dilokasi yang sama Lurah Bintara Sudarsono mengatakan, Kelurahan Bintara selalu bersinergi dan berkolaborasi melalui tiga pilar, yaitu TNI, Polri, dan para OPD untuk memberikan pelayanan-pelayanan terpadu kepada masyarakat, serta pembangunan maupun menciptakan rasa aman & nyaman. Di situasi pandemi seperti saat ini, Kelurahan Bintara berinovasi dengan menjalankan program “BINTARA BANGKIT“, yang berarti Bersinergi, Aman, Nyaman, Guyub, Komitmen, Inovatif, dan Toleran.


Lebih lanjutnya Ia mengatakan bahwa Inovasi program “BINTARA BANGKIT” ini merupakan program dibuat untuk mengatasi dampak ekonomi saat pandemi dengan cara memberikan bantuan makan, sembako, kesehatan hingga modal usaha serta pemberian alat bantu jalan berupa tongkat, hingga kursi roda kepada warga disabilitas yang membutuhkan agar bisa beraktivitas kembali.


Dalam situasi pandemi Bintara mampu memberikan kontribusi pembangunan infrastruktur secara swadaya tersebar di RW 02, RW 05, RW 04, RW 08, RW 011,RW 012, serta RW 016 dengan total nilai Rp 2.3 M,- ,” ujar Lurah Bintara ini.


Bahkan tambah Lurah Bintara Sudarsono menjelaskan swadaya dalam pembangunan 20 ( dua puluh ) rumah tidak layak huni bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat di wilayah RW 04, dalam menghadapi bencana terutama banjir Kalibong, Kelurahan Bintara membentuk tim banjir secara terintegerasi dengan Kelurahan Binjai dan Kota Baru, serta melakukan tilok tandon air di RW 010 untuk mengatasi banjir kali Cakung, prestasi lainnya Kelurahan Bintara saat ini juara ke 3 (tiga) Program P2WKSS tingkat Jawa Barat “, jelas Lurah Bintara Sudarsono.


wan/Ez

Penilaian Lomba Pos Satkamling Tingkat Polres 

Subang,Lintas Nusantara News 


SUBANG- Dalam rangkaian Peringatan hari jadi Bhayangkara ke-76 Polres Subang menggelar lomba Pos Satkamling tingkat Polres, Kapolres Subang bersama team lakukan penilaian Pos Satkamling Kujang Pusaka 01 Desa Cikujang Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang ( Wilkum Polsek Sagalaherang ). Malam tadi, Rabu 15 Juni 2022 sekitar pukul 22:00 WIB. 

Giat tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Subang, AKBP Sumarni, SIK.SH.MH., bersama Kasat Samapta Polres Subang, Kasi Propam Polres Subang, Kapolsek Sagalaherang, KBO Sat Binmas, Personel Polres Subang, beserta Personel Polsek Sagalaherang. 

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Subang memaparkan bentuk-bentuk penilaian dalam lomba Pos Satkamling tingkat Polres ini, diantaranya Penilaian Kelengkapan Pos Satkamling, Kebersihannya dan Inovasi.

Dari segi kebersihan Pos Satkamling Kujang Pusaka 01 Ds. Cikujang Kec. Serangpanjang Kab. Subang (Wilkum Polsek Sagalaherang) Sangat Baik.

Penilaian Administrasi, Kelengkapan sarana prasarana Pos Satkamling dan keaktifan Pelaksana Satkamling. 

Dari segi Administrasi dan kelengkapan Pos Satkamling Kujang Pusaka 01 Ds. Cikujang Kec. Serangpanjang Kab. Subang (Wilkum Polsek Sagalaherang) *Sangat Baik.* Sudah terdapat Ruang Tahanan Sementara, Ruang Istirahat, dan seluruh kelengkapan Administrasi sudah lengkap.

Inovasi Kegiatan warga desa di lingkungan Satkamling, diantaranya yaitu adanya Gapura Bambu Cantik di Perbatasan antara Ds. Cijengkol dengan Ds. Cikujang, Adanya makanan ringan hasil dari UMKM Ds. Cikujang yaitu macam-macam olahan keripik, Kopi Mugiri, dan Tas Mugiri, Adanya Patungan secara ikhlas (Perelek) disetiap patroli malam dari Warga masyarakat sekitar Ds. Cikujang, dan dana hasil dari patungan tersebut dipakai untuk kebutuhan Pos satkamling, keperluan patroli, kebersihan lingkungan, dan lain lain. 

Dalam kesempatan ini Kapolres memberikan arahan agar Satkamling aktif sehingga mampu menciptakan kamtibmas yang kondusif di wilayahnya, utamakan Kebersihan Pos, lengkapi segera Kelengkapan yg belum ada dan aktifkan kegiatannya. 

Pos Satkamling tidak hanya mengurus masalah keamanan saja namun juga mampu memupuk rasa kegotongroyongan, persaudaraan dan persatuan masyarakat. 

Saya terkesan dengan Inovasi produk unggulannya berupa UMKM sebagai kearifan lokal yang bisa menjadi penguat ketahanan ekonomi bagi masyarakat setempat atau kreatifitas lainnya yang bisa menjadi nilai lebih di lingkungan Pos Satkamling berada.

Diingatkan kepada Ketua Pos Satkamling dan Masyarakat yang bertugas di Pos, jika ada pengendara R2 yang menggunakan knalpot Racing agar diingatkan untuk segera di ganti ke knalpot standar, bantu jaga kamtibmas diwilayahnya masing-masing, jika ada kejadian di kewilayahan agar ditampung dan dikoordinasikan dengan Polsek terdekat atau menghubungi layanan 110.

Aktifkan juga PPKM di wilayahnya karena pandemi covid masih belum selesai dan selalu terapkan prokes.

(D.S)

*Pemkab Bekasi Siapkan Opsi Relokasi Pedagang Pasar Cikarang* 

Cikarang Utara, Lintas Nusantara News 

Pemerintah Kabupaten Bekasi berencana akan segera merelokasi para pedagang Pasar Cikarang. Terdapat beberapa opsi yang sedang disiapkan oleh pemerintah daerah, karena kondisi bangunan pasar yang sudah memprihatinkan. Hal tersebut disampaikan Pj. Bupati Bekasi, Dani Ramdan, usai meninjau pasar tersebut yang berlokasi di kawasan Sentra Grosir Cikarang (SGC), Cikarang Utara, Rabu (15/6).

Diketahui, Pasar Cikarang telah beroperasi sejak tahun 1992, dan belum pernah mendapatkan peremajaan bangunan.

Dani mengatakan akan menawarkan kepada investor lain untuk dapat membuat Tempat Penampungan Sementara (TPS) bagi pedagang Pasar Cikarang, sambil menunggu proses pengadilan dari PT. Sanjaya yang saat ini memegang kontrak untuk pembangunan. 

"Saya melihat tadi kedalam pasar sudah sangat memprihatinkan. Di sisi lain, kita belum bisa melakukan pembangunan kembali karena masih terkait dengan sengketa hukum dengan PT. Sanjaya yang saat ini memegang kontrak untuk pembangunan," katanya.

Dani mengatakan, TPS tersebut diprioritaskan untuk menampung para pedagang Pasar Cikarang supaya jalan raya bisa dikosongkan terlebih dahulu sebagai akses pembangunan. 

"Pasar Cikarang harus dikosongkan. Kalau kapasitasnya banyak, pedagang yang diluar-luar akan kita tampung. Supaya jalan yang diluar-luar akan kosong dulu nanti untuk akses pembangunan. PKL semua juga akan ditampung disitu,” tuturnya. 

Dirinya berharap, tawaran tersebut segera bisa disambut oleh investor untuk membangun TPS, sehingga pedagang yang ada di Pasar Cikarang termasuk Pedagang Kaki Lima (PKL) bisa ditampung semuanya dan pasarnya akan kita tutup sambil menunggu tender baru untuk pembangunan. 

"Kita tadinya mau menggunakan dana pemda untuk pembebasan lahan, tetapi ternyata banyak kendala. Maka penyelesaiannya kita ajak pihak swasta lagi untuk kerjasama," tukasnya. 

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Bekasi telah menandatangani MoU untuk pembangunan Revitalisasi Pasar Cikarang secara BOT (Build Operation Transfer) dengan PT. Sanjaya sebagai kontraktor. Namun, sampai dengan saat ini perusahaan tersebut belum menjalankan komitmennya dalam revitalisasi pasar, sementara kondisi pasar semakin memprihatinkan. Akhirnya, Pemkab Bekasi akan mengambil langkah-langkah untuk mengantisipasi hal-hal yang dapat merugikan pedagang dan masyarakat sekitar.

Dalam tinjauannya, Pj. Bupati Bekasi didampingi oleh Kepala Dinas Perdagangan, Plt. Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan, Plt. Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, Camat Cikarang Utara, serta Muspika Cikarang Utara. 

(M.Lubis)